Struktur pasar merupakan
penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. Dibagi kedalam beberapa bagian
yaitu:
A.Pasar
Persaingan Sempurna yaitu Jenis pasar dengan jumlah penjual dan
pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.
Jumlah output yang diproduksi
perusahaan agar mencapai laba maksimal adalah pada saat MR=MC. Ekstrim
pertama, perusahaan berada dalam pasar persaingan sempurna (perfect
competition), dimana jumlah perusahaan begitu banyak dan kemampuan setiap
perusahaan sangat kecil untuk mempengaruhi harga pasar. Ekstrim kedua adalah
perusahaanhanya satu ±satunya produsen (monopoli).
Kondisi ekstrim tersebut jarang
sekali terjadi, umumnya dua kondisi peralihan antara ekstrim persaingan
sempurna dan monopoli. Kondisi pertama adalah perusahaan bersaing, tetapi
masing ±masing mempunyai daya monopoli (terbatas), disebut persaingan
monopolistic (monopolistic competition). Kedua adalah dalam pasar
hanya ada beberapa produsenyang jika bekerja sama mampu menghasilkan daya
monopoli dikenalsebagai oligopoli (oligopoly ).
Karakteristik Pasar Persaingan
Sempurna
a.Semua perusahaan memproduksi
barang yang homogen
b.Produsen dan konsumen memiliki
pengetahuan sempurna
c.Output sebuah perusahaan relatif
kecil dibanding output pasar
d.Perusahaan menerima harga yang
ditentukan pasar
e.Semua perusahaan bebas masuk dan
keluar pasar
B.Pasar
Persaingan tidak Sempurna yang terdiri atas:
a.Pasar
Monopoli : Hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
b.Pasar Oligopoli : Pasar di
mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya
jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
c.Pasar Duopoli : Memiliki
karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada Pasar duopoli hanya
ada dua perusahaan.
d.Pasar Persaingan Monopolistik
: Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang
serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
e.Pasar Monopsoni : Jenis pasar
dimana hanya ada satu pembeli.
f.Pasar Oligopsoni : adalah
bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak
perusahaan yang bertindak sebagai konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar