Perilaku Konsumen adalah prose dan
aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan,
pengembalian, penggunaan serta pengevaluasi produk dan jasa demi memenuhi
kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari
konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah
proses pengembalian keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang
berga jual tinggi proses pengembalian keputusan dilakukan dengan pertimbangan
yang matang.
Komunikasi dan Perilaku Konsumen
Komunikasi merupakan alat unik yang
digunakan para pemasar untuk membujuk para konsumen agar bertindak menurut cara
yang diinginkan. Komunikasi terdiri dari beberapa aspek diantaranya dapat
berbentuk variable, visual atau kombinasi keduannya. Komunikasi juga dapat
merupakan symbol dan menyampaikan arti khusus yang ingin ditanamkan oleh
pemasar.
Komponen Komunikasi
1.Pengirim yaitu pengirim sebagai
pemrakarsa komunikasi, dapat merupakan sumber formal maupun informal. Sumber komunikasi
formal mungkin berupa organisasi untuk memperoleh laba maupun nirlaba. Sumber
informal mungkin orang tua atau temen yang memberikan informasi atau nasihat
mengenai produk.
2.Penerima yaitu komunikasi
pemasaran formal cenderung menjadi calon atau pelanggan yang dibidik. Audien
perantara dan yang tidak diharapkan juga mungkin menerima komunikasi para
pemasar. Contohnya grosir, distributor dan pedagang ritel yang menerima iklan
perdagagangan pemasar yang dimaksudkan untuk membujuk mereka agar mau memesan
dan mengadakan persediaan barang dagangan.
3.Medium yaitu saluran komunikasi
mungkin impersonal atau interpersonal
4.Pesan yaitu bersifat verbal,
nonverbal atau kombinasi keduanya. Pesan verbal biasanya dapat mencakup
informasi produk atau jasanya yang lebih spesifik daripada pesan nonverbal.
Pesan verbal yang digabungkan dengan pesan nonverbal sering memberikan lebih
banyak informasi kepada penerima daripada salah satu diantara keduanya.
5.Umpan Balik yaitu komponen yang
sangat diperlukan dalam komunikasi interpersonal dan impersonal. Umpan balik
yang cepat waktunya memungkinkan pengirim untuk memperkuat, mengubah atau
memodifikasi pesan untuk menjamin agar dapat dimengerti sesuai dengan yang
dimaksudkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar