Soal :
1.Apa yang dimaksud dengan perilaku
konsumen ?
2.Mengapa perilaku konsumen perlu
dikaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industry ?
3.Jelaskan pendekatan yang dapat
digunakan dalam analisa perilaku konsumen ?
4.Faktor apa yang menentukan
perilaku konsumen ?
5.Bagaimana menyikapi masalah
perilaku konsumen ?
Jawaban:
1. Perilaku konsumen adalah proses
dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan,
pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi
kebutuhan dan keinginan
2. Karena Untuk Mendesain bauran
pemasaran kemudian Mensegmen pasar bisnis terus Memposisikan dan
mendeferensiasikan produk lalu Melaksanakan analisis lingkungan serta
Mengembangkan studi riset pasar
3. Terdapat tiga pendekatan utama
dalam meneliti perilaku konsumen.
Pendekatan pertama adalah pendekatan
interpretif.Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal
yang mendasarinya.
Pendekatan kedua adalah pendekatan
tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu
psikologi kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu
sosiologi. Pendekatan ini bertujuan mengembangkan teori dan metode
untuk menjelaskan perliku dan pembuatan keputusan konsumen.
Pendekatan ketiga disebut sebagai
sains marketing yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi
dan statistika.Pendekatan
ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model matematika
berdasarkan hirarki kebutuhan manusia
4. a. Faktor Sosial : Grup,Pengaruh
Keluarga,Peran dan Status.
b. Faktor Personal : Situasi
Ekonomi,Gaya Hidup,Kepribadian dan Konsep Diri,Umur dan Siklus Hidup,Pekerjaan.
c. Faktor Psikologi :
Motivasi,Persepsi,Pembelajaran,Beliefs and Attitude.
d. Faktor Kebudayaan : Subkultur dan
Kelas Sosial.
5. Sebaiknya konsumen tidak mudah
terpengaruh atas keinginan sesaat, telitilah sebelum membeli, apakah barang
yang akan kita beli itu termasuk kebutuhan atau hanya keinginan dan apakah
dapat bermanfaat untuk kita. Selain itu kurangi pembelian barang yang kurang
perlu untuk mengurangi pengeluaran dan mencegah kita menjadi konsumen yang
konsumtif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar