Senin, 31 Oktober 2011

Proses organisasi

Kelangsungan hidup organisasi berkaitan dengan kemampuan manajemen untuk menerima, menyampaikan, dan meleksanakan komunikasi. Proses organisasi menghubungkan organisasi dengan lingkungannya termasuk bagian-bagiannya. Informasi mengalir ke organisasi dan dari organisasi, termasuk di dalam organisasi itu sendiri.

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan, dimana dalam proses ini terdapat beberapa unsur yaitu :

Komunikator
Media
Komunikan
Message
Feedback

1. Proses mempengaruhiMempengaruhi berarti menimbulkan perubahan tingkah laku pada sebagian orang atau kelompok. Dalam proses mempengaruhi terdapat beberapa elemen, yaitu :

Orang yang mempengaruhi
Metode yang digunakan
Orang yag dipengaruhi

Metode yang digunakan untuk mempengaruhi , adalah :

Kekuatan fisik
Penggunaan sanksi
Keahlian
Karisma


2. Proses Pengambilan Keputusan
Keputusan dari seorang pemimpin tidak datang secara tiba-tiba, melainkan melalui suatu proses. Tahap pengambilan keputusan diantaranya adalah :

Melakukan penghimpunan data
Melakukan penganalisaan
Menetapkan keputusan yang akan ditempuh
Mengoprasionalakan keputusan menjadi kegiatan

Sementara itu tahapan-tahapan dalam proses pengambilan keputusan dapat dikemukakan sebagai berikut :

Menetapkan masalah
Mengidentifikasi kriteria dari masalah tersebut
Mengalokasikan bobot pada kriteria masalah
Mengembangkan alternatif
Mengevaluasi alternatif
Memilih alternatif terbaik.
kesimpulan: dilihat dari diatas dapat disimpulkan betapa pentingnya dan banyaknya proses-proses yang mempengaruhi dalam berorganisasi.

sumber:  http://koriistikomahngeblogs.blogspot.com/2011/01/proses-organisasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar