Komunikasi adalah proses penyampaian pesan, dimana dalam proses ini terdapat beberapa unsur yaitu :
Komunikator
Media
Komunikan
Message
Feedback
1. Proses mempengaruhiMempengaruhi berarti menimbulkan perubahan tingkah laku pada sebagian orang atau kelompok. Dalam proses mempengaruhi terdapat beberapa elemen, yaitu :
Orang yang mempengaruhi
Metode yang digunakan
Orang yag dipengaruhi
Metode yang digunakan untuk mempengaruhi , adalah :
Kekuatan fisik
Penggunaan sanksi
Keahlian
Karisma
2. Proses Pengambilan Keputusan
Keputusan dari seorang pemimpin tidak datang secara tiba-tiba, melainkan melalui suatu proses. Tahap pengambilan keputusan diantaranya adalah :
Melakukan penghimpunan data
Melakukan penganalisaan
Menetapkan keputusan yang akan ditempuh
Mengoprasionalakan keputusan menjadi kegiatan
Sementara itu tahapan-tahapan dalam proses pengambilan keputusan dapat dikemukakan sebagai berikut :
Menetapkan masalah
Mengidentifikasi kriteria dari masalah tersebut
Mengalokasikan bobot pada kriteria masalah
Mengembangkan alternatif
Mengevaluasi alternatif
Memilih alternatif terbaik.
kesimpulan: dilihat dari diatas dapat disimpulkan betapa pentingnya dan banyaknya proses-proses yang mempengaruhi dalam berorganisasi.
sumber: http://koriistikomahngeblogs.blogspot.com/2011/01/proses-organisasi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar